Dekati Tanggal Jatuh Tempo Utang, Waspada Euro Terkoreksi - Kedai Saham
Loading...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, June 1, 2015

Dekati Tanggal Jatuh Tempo Utang, Waspada Euro Terkoreksi

kedaitrader.com - Euro catatkan keuntungan dalam tiga sesi perdagangan berturut-turut, meski sebagian besar pasar mata uang utama dunia dan pasar emas ditutup lebih rendah menyusul penguatan Indeks Dolar AS dalam sepekan terakhir.

Euro menguat menyusul beberapa kabar yang menyebutkan bahwa Yunani tengah mendekati kesepakatan bailout sebelum jadwal jatuh tempo pembayaran utang kepada IMF dan creditor internatipnal.

EUR/USD menyelesaikan sesi perdagangan akhir pekan lalu (28/4) dengan keuntungan sebesar 25 poin atau0.23% berakhir pada level 1.09817, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi 1.10052 dan serendah 1.09248.

Meski sejauh ini, beberapa sumber menyebutkan adanya peluang kesepakatan yang akan dilakukan Yunani dengan kreditur international, namun selama masih belum ada pernyataan jelas – nampaknya hal tersebut bisa saja berbalik membawa sentiment negative bagi pasar Euro pada pekan ini.

Pekan ini, Yunani memasuki masa tegang – dimana pemerintah harus mencapai kesepakatan agar pemerintah mampu mendapatkan data talangan untuk menyelesaikan pembayaran hutang sebesar 300 miliar euro pada 5 Juni.

Pada Juni ini, Yunani juga akan menghadapi batas bailout terkahir – jika kesepaktan pemerintah dan para kreditur international tercapai maka terjadi potensi terbesar Negara mengalami default dan berpotensi keluar dari kesatuan Uni Eropa.

Sejauh ini, mendekati jadwal jatuh tempo pasar Euro nampaknya akan mengalami tekanan turun yang cukup besar. terkecuali mencapai kesepatan terhadap pihak kreditur international.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot