Analisa Emas - 24 Februari 2016 - Kedai Saham

Loading...

Wednesday, February 24, 2016

Analisa Emas - 24 Februari 2016

kedaitrader.com - Pasar emas kembali diperdagangkan melonjak tajam ditengah pelemahan pasar saham global pasca harga minyak mentah dunia kembali anjlok pada kisaran $31 per barrel semalam.

Harga minyak anjlok setelah komentar Menteri Peminyakan Arab Saudi yang memicu kembalinya aliran safe-haven pada aset yang dianggap kekal.

Dipasar emas spot, harga emas ditutup naik sebanyak $17.10 atau 1.41% berakhir pada level $1,226.000 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,228.180 dan serendah $1,207.000. Dalam sepekan lalu, pasar emas spot mencatatkan kerugian sebesar $11.90 atau 0.96%.

Sementara Emas berjangka kontrak April sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Selasa (23/2) dengan keuntungan sebanyak $12.50 atau 1.00% $1,222.600 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak April mencatatkan kerugian sebesar $8.60 atau sekitar 0.69%.

Harga eams melonjak sejak awal sesi perdagangan Asia, setelah melihat harga minyak mentah dunia berangsur turun menjelang laporan persediaan minyak mingguan AS.

Penurunan juga diperkuat menyusul pernyataan menteri perminyakan Arab Saudi Al-Naimi selama bahwa pihaknya putus asa atas harapan bahwa para produsen minyak dunia akan lakukan pemotongan produksi untuk mengurangi keberlebihan pengadaan minyak dunia.

Merespon hasl tersebut pasar emas terus diuntungkan karena kembali menerima aliran safe-haven ditengah kabar ancaman perlambatan ekonomi global akan terus berlangsung.

Sejauh ini, fokus investor pada pasar minyak masih sangatlah besar menyusul perlemahan harga minyak akan terus meningkatkan spekulasi perlambatan ekonomi global, sehingga akan terus dimanfaatkan oleh investor untuk berburu asset safe-haven.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas nampaknya masih akan dirperdagangan cukup volatile. Dengaa pergerakkan pasar minyak masih akan menjadi fokus utama diluar dari sentiment data ekonomi yang cenderung sepi hari ini.

Disesi perdagangan Amerika malam nanti, pasar hanya akan terfokus pada data New Home Sales AS yang akan dirilis pada pukul 22:00 GMT+7.

Secara teknis, perhatikan level resistance emas pada $1,235.000 , jika emas mampu bergerak kembali diatas level tersebut maka harga emas berpotensi kembali menguji level tertinggi sebelumnya pada $1,248.000 , tentunya dengan dukungan pelamahan harga minyak lanjutan.



Lihat Rekomendasi Hari Ini >> XAUUSD Alert


No comments:

Post a Comment