Apa itu Fiscal Cliff ? - Kedai Saham

Loading...

Thursday, November 8, 2012

Apa itu Fiscal Cliff ?

Akhir-akhir ini pasar saham global dikhawatirkan oleh apa yg kemungkinan terjadi pada perekonomian AS pasca election day, siapapun yg jadi pemenang, baik itu Obama maupun Romney. Kekhawatiran itu terkait resiko pada anggaran AS yg disebut dgn istilah 'Fiscal Cliff' .

Fiscal Cliff adalah istilah merujuk pada krisis fiskal yang bakal dihadapi AS menyusul Utang AS yg besar dan defisit anggaran yag melebar.
Pemerintah di AS dihadapkan pada upaya mengurangi defisit anggaran dengan menaikkan pajak dan mengurangi belanja yang berakibat pada kontraksi perekonomian AS yang saat ini tengah recover. Kebijakan ini diatur dalam UU yg disebut ' Budget Control Act of 2011'. UU ini merupakan produk kompromistis antara pemerintahan Obama (demokrat) dengan Kongress (Republik).
Dalam UU tersebut disebut kenaikan pajak akan berlaku otomatis mulai awal 2013 dan juga pemotongan anggaran. Dengan kebijakan tersebut anggaran AS akan dihemat hingga USD650 miliar dalam bentuk pengurangan defisit.
Efeknya apabila kebijakan tersebut berlaku, perekonomian AS diperkirakan akan mengalami krisis kembali (menggunakan istilah double-dip recession).

Istilah Fiscal Cliff pertama kali dipakai oleh Guberrnur Federal Reserve AS, Ben Bernanke di depan komite Jasa Keuangan DPR AS akhir Februari 2012 untuk menggambarkan ancaman krisis fiskal di AS.


By : Listri Valsa
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment