Analisa Euro - 30 juli 2012 - Kedai Saham

Loading...

Monday, July 30, 2012

Analisa Euro - 30 juli 2012



Awal perdagangan euro senin 30 Juli 2012 euro menunjukan pergerakan negative, dimana pada akhir perdagangan pekan lalu (Jumat 27 Juli 2012), euro mampu menunjukan pergerakan positif. Masuknya beberapa sentiment positif perihal dukungan yang terus dilancarkan oleh beberapa petinggi Uni Eropa seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, President Of France Francois Hollande, serta Menteri keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble untuk bersama-sama berkomitmen melakukan tindakan perbaikan ekonomi guna keluar dari krisis yang kini menyerang Spanyol dan Italia,yang notabenya Negara eropa yang memiliki perekonomian kuat. Adanya pernyataan dari ketiga petinggi Uni Eropa tersebut kembali mendukung pernyataan President of ECB Mario Draghi perihal komitmen Bank Sentral Eropa mengatasi krisis hutang yang kini dihadapi Spanyol dan Italia. Namun diprediksi masuknya sentiment negative pasar perihal kepastian akan diberikannya stimulus positif baru seperti ESM atau upaya nyata lainnya yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Eropa.

Salah satu upaya nyata yang ditunggu oleh pelaku pasar saat ini adalah upaya pembelian obligasi pemerintah Spanyol dan Italia yang akan dilakukan oleh Bank Sentra Eropa guna memangkas biaya obligasi Spanyol dan Italia yang sudah cukup tinggi. Dikabarkan hari ini Draghi akan melakukan pertemuan dengan president of Bundesbank untuk melakukan pembicaraan seputar peluangnya Bundesbank untuk turut serta membeli obligasi Spanyol dan Italia. Apa bila hasil pertemuan keduanya positif untuk segera melakukan pembelian obligasi Spanyol dan Italia, maka diprediksi Euro akan kembali bergerak naik untuk menembus level resistance pertamanya di titik 1.2312. Namun sebaliknya apabila hasilnya negative serta kembali tertunda, maka diprediksi euro akan bergerak turun mendekati level support pertama di titik 1.2285. Selain itu pula, pergerakan euro di awal perdagangan hari ini akan sedikit terpengaruh oleh data yang akan dirilis seputar laporan pertumbuhan ekonomi Negara Spanyol. Market memprediksi akan adanya penurunan akan index pertumbuhan ekonomi Spanyol yang turun menjadi -0.4% dari index sebelumnya yang berada pada -0.3%. 

Apabila laporan yang keluar nantinya menunjukan index yang sesuai ekspetasi pasar, maka disnyilar akan adanya sinyal bearish bagi euro, namun impactnya tidak terlalu kuat bagi turunnya mata uang euro itu sendiri.Yang akan memberikan impact yang sangat kuat bagi pergerakan euro pada perdagangan hari ini adalah seputar kebijakan atau stimulus positif yang akan dikeluarkan oleh Uni Eropa serta ECB atau Bank Sentral Eropa,guna meyakinkan pasar yang sedang dilanda kekhawatiran akan krisis eropa yang kian semakin meluas. Diharapkan dengan adanya upaya nyata yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Eropa guna memberikan rasa optimis pasar akan perbaikan ekonomi eropa saat ini.

No comments:

Post a Comment