Analisa Emas Hari Ini : Emas Potensi Koreksi, Paska Naik Tajam Diawal Tahun - Kedai Saham
Loading...

Tuesday, January 5, 2021

Analisa Emas Hari Ini : Emas Potensi Koreksi, Paska Naik Tajam Diawal Tahun

Market Review : Emas Potensi Koreksi, Paska Naik Tajam Diawal Tahun

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan melonjak tajam pada sesi perdagangan Senin (4/1) – mengawali sesi perdagangan awal tahun 2021 dengan duukungan kuat permintaan safe haven ditengah ketidakpastian kondisi ekonomi global dan lonjakan kasus covid18 yang terus mengkhawatirkan.

Dipasar spot harga emas ditutup naik sebanyak $44.55 atau 2.29% berakhir pada level $1,942.50 per troy ounce, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,944 dan serendah $1,909.

Emas berjangka kontrak Februari ditutup naik $51.50 atau 2.70% berakhir pada level $1,946.60 per troy ounce di Divisi Comex.

Sementara Index Dolar AS ditutup turun hanya 10 poin atau 0.12% berakhir pada level 89.87, setelah sempat diperdagangkan turun tajam uji level terendah dalam hampir 3 tahun sejak April 2018.

Selama awak pekan, eam diuntungkan dari pelemahan dolar melihat kasus covid19 di AS terus melonjak tajam dalam rata-rata sepekan terakhir selama Libur panjang Natal dan Tahun baru.

Kekhawatiran dampak lebih lanjut pada ekonomi AS telah mendorong investor berburu safe haven emas.

Kondisi serupa juga terjadi di Jepang dan Negar-Negara Eropa yang kini kembali menaikkan status darurat Covid19 tingkat tinggi dan meperpanjang lockdown setidaknya hingga akhir Januari.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas dan global akan terfokus pada perkembangan politik paska Brexit-deal dan perkembangan kasus covid19 didunia.

Secara teknikal, harga emas berpotensi koreksi paska kenaikan tajam pada perdagangan Senin (4/1) dan tertekan dari penguatan Dolar yang ditutup kembali dilevel tertinggi hariannya pada penutupan pasar semalam.

Dalam pekan ini, pasar emas dan global akan terfokus pada rangkaian data tenaga kerja AS pada Rabu (6/1) hingga Jumat (8/1).

--

No comments:

Post a Comment